What's new?

Thursday, January 29, 2015

Surat untuk Stiletto Book



Dear Stiletto Book,
Perkenalkan, namaku Winta Hari Arsitowati. Aku memang belum pernah membaca buku-bukumu, namun aku sudah cukup lama mengagumimu. Aku pertama kali mendengar namamu ketika membaca review sebuah buku yang ditulis dalam blog seorang pustakawan. Buku yang saat itu di-review adalah Don’t Worry to be a Mommy! karya dr. Meta Hanindita. Membaca paragraf pertama ulasannya, aku merasa bahwa buku ini sangat menarik. Bagaimana tidak? Di buku ini, Meta mengupas seluruh pengalaman barunya sebagai seorang ibu, bagaimana proses kehamilannya, apa saja yang ia jalani dalam mempersiapkan persalinannya, serta berbagai pemikiran yang pada umumnya diresahkan oleh ibu hamil. Tak hanya itu, Meta juga memaparkan pengalamannya pasca kelahiran sang bayi, di antaranya seputar baby blues syndrome, usahanya untuk membagi waktu kerja sebagai seorang dokter dengan mengurus anak tercinta, menangani sang anak yang sedang sakit, dan sebagainya. Diceritakan pula di review tersebut mengenai hubungan dekat Meta dengan sang ibunda, bagaimana ibunya yang memiliki pikiran terbuka memberikan seluruh wewenang pada Meta untuk menentukan pilihan hidupnya, namun tetap dengan rasa tanggung jawab. Kebebasan bertanggung jawab yang diberikan sang ibu, berikut segala bentuk perhatian dan kasih sayangnya, membuat Meta begitu menyayangi sang ibu, hingga ia merasa sekali pun ia telah menjadi seorang dokter anak, ia tak akan mampu menandingi kehebatan sang ibu.

Selesai membaca review tersebut, aku menjadi semakin tertarik dengan buku itu. Meta menuturkan berbagai pengalamannya dengan lugas, tanpa nada menggurui, namun tetap mengena dan memberi pesan yang bermanfaat. Kulihat saat itu blog tersebut sedang bekerjasama dengan Stiletto Book, penerbit buku Meta, untuk mengadakan giveaway. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan untuk mengikuti giveaway tersebut, di antaranya adalah menulis comment mengenai review buku Don’t Worry to be a Mommy! itu serta mem-follow akun Twitter Meta dan Stiletto Book. Aku mengikuti segala aturan giveaway tersebut, berharap aku bisa memenangkannya dan mendapatkan buku karya Meta. Sekalipun aku belum menjadi seorang ibu, aku ingin membaca lebih jauh mengenai isi buku tersebut. Melihat cuplikan-cuplikan cerita yang terdapat di review itu, aku merasa buku ini dapat memberi banyak pengetahuan untukku, dengan bahasa yang cukup menghibur. 

Aku pun iseng membuka website www.StilettoBook.com yang tertera di profil Twitter-mu. Dari situ aku mulai mencari tahu mengenai dirimu, yang baru kuketahui menerbitkan buku-buku yang berhubungan dengan segala sesuatu mengenai wanita. Setelah membuka berbagai konten, ada beberapa judul buku yang mencuri perhatianku. Di antaranya adalah Letters to Aubrey karangan Grace Melia dan Girl Talk, sebuah buku kumpulan cerpen yang ditulis oleh Lala Purwono. Aku merasa tersentuh membaca sinopsis Letters to Aubrey, yang menceritakan perjuangan Grace dalam mengasuh putri kecilnya, Aubrey, yang berkebutuhan khusus akibat terjangkit virus rubella. Bukannya putus asa, Grace malah berusaha bangkit dan tetap memberi kasih sayang yang utuh untuk Aubrey. Sementara Girl Talk membuatku terkesan karena buku itu berisi kumpulan kisah 60 perempuan dengan berbagai liku kehidupannya. Membaca sinopsisnya, kupikir buku-buku itu cukup menarik untuk dibaca dan mampu memberi pembelajaran tersendiri untuk kita.

Dari situ aku tertarik pada buku-bukumu, Stiletto, sekalipun aku tak berhasil memenangkan giveaway Don’t Worry to be a Mommy!. Pernah aku berniat mengikuti promo diskon yang kau adakan, namun karena berbagai kesibukan, aku melupakan tenggat waktu promo tersebut. Begitu teringat, masa promo itu sudah habis dan aku kembali dihadapkan oleh berbagai rutinitas lain yang membuatku lupa untuk memesan buku-buku yang kuinginkan. Aku senang ada penerbit yang khusus menerbitkan buku-buku untuk perempuan seperti kau, Stiletto. Buku-buku itu dapat memberi berbagai pengetahuan untuk kaum wanita, baik yang masih single, sudah menikah, atau pun telah menjadi seorang ibu. Aku pribadi sangat ingin membaca Don’t Worry to be a Mommy!, Letters to Aubrey, serta Girl Talk. Aku merasa buku-buku itu dapat memberi pelajaran berguna padaku selaku seorang perempuan, dengan cara berbeda dan gaya bahasa masing-masing.



Aku berharap untuk ke depannya Stiletto Book dapat terus menerbitkan buku-buku bermutu dan inspiratif untuk perempuan. Semoga aku juga bisa beralih status dari sekedar Rookie Readers menjadi Loyal Readers-mu. Sukses selalu, Stiletto Book!
Best regards,
Winta Hari Arsitowati


Nama: WINTA HARI ARSITOWATI
Instagram: wintarsitowati
Twitter: @wintarsitowati
E-mail: wintahari@yahoo.com

1 comment:

  1. Hai, Winta.
    Terima kasih sekali suratnya ^^
    Amin, semoga segera menjadi Loyal Readers yaaa :)))

    ReplyDelete