What's new?

Sunday, June 7, 2020

Review Buku: Hijrah Jangan Jauh-jauh, Nanti Nyasar



Judul: Hijrah Jangan Jauh-jauh, Nanti Nyasar!
Penulis: Kalis Mardiasih
Tahun terbit: 2019
Penerbit: Mojok
Tebak buku: 208 halaman

Jangan salah kaprah ketika membaca judul buku ini. Bukan, buku ini bukan bermaksud melarang kita untuk melakukan hijrah secara mendalam atau totalitas. Buku ini merupakan sekumpulan esai yang ditulis Kalis Mardiasih mengenai fenomena-fenomena sosial yang membahas mengenai Islam dan hijrah. Esai-esai tersebut ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, namun tetap bernas.

Hijrah sendiri secara harfiah memiliki arti berpindah menuju kehidupan yang lebih baik. Hal ini dapat terjadi dalam segala segi kehidupan, termasuk dalam hal agama. Tak dipungkiri, kata hijrah begitu lekat dengan isu agama. Ketika seorang public figure tampak lebih relijius atau baru saja mengenakan jilbab, maka dia akan disebut 'sudah hijrah'. Memang, hal itu tidak salah. Namun, bagaimana jadinya jika beberapa orang yang merasa lebih paham akan agama atau isu-isu tertentu melakukan penilaian sepihak terhadap orang sekitarnya yang memiliki nilai berbeda dengan dirinya? Apakah jika kita tidak setuju dengan suatu hal lalu kita dibenarkan untuk berkoar-koar di media sosial bahwa hal itu salah dan kita benar, tanpa lebih dulu menyelami isi dari hal tersebut? Lalu jika kita memaksakan orang lain untuk menerima nilai yang kita anut, melakukan penggiringan opini begitu saja, apakan itu dapat dibenarkan?

Buku ini memaparkan bahwa tidak masalah jika kita hendak mempelajari agama secara lebih dalam atau menganut nilai-nilai tertentu yang berbeda dari orang lain. Namun, bukan berarti itu dapat membuat kita merasa lebih benar dan melakukan judgement terhadap orang lain yang berbeda pandangan dengan kita. Mungkin niat kita baik, hendak mengajak orang lain dalam kebaikan. Namun ingat pula bahwa setiap orang memiliki proses belajar yang berbeda dalam hidup, sehingga pandangan hidup yang dimiliki akan berbeda pula. Tidak ada salahnya bukan jika kita menghargai apa pun pandangan yang orang lain miliki, sekalipun itu berbeda dengan nilai yang kita anut? Jangan lupa bahwa kita hidup dalam masyarakat yang menganut keberagaman, sehingga kita pun harus bisa tetap bertoleransi dan membuka diri terhadap setiap hal yang ada di sekitar kita.

Skor: 4/5

No comments:

Post a Comment