What's new?

Saturday, June 19, 2010

I Adore These!!

Hello again! Not as usual,I’ll use bahasa Indonesia in half of my post. Why? Because this time I’ll post about some of my favorite books. I’ve told you that I love reading,and of course,I love books! And I wanna share (or promote?) some of my favorite books with all of you. Some of them are literature books, and the other one is fiction book. All of them have their own moral value that inspire me. Enjoy these,guys! :)
Photobucket

1.Kumpulan Budak Setan - Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, dan Ugoran Prasad



Buku ini adalah salah satu buku sastra favorit saya. Topik yang diangkat begitu unik, tutur bahasa yang tajam namun memukau, dan tiap cerita dalam buku ini memiliki makna implisit,namun masih dapat dicerna akal sehat.

Buku kompilasi cerita horor Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, dan Ugoran Prasad ini adalah proyek membaca ulang karya-karya Abdullah Harahap, penulis horor populer yang produktif di era 1970-1980an. Kala itu Abdullah Harahap sangat terkenal dengan gaya kepengarangannya,yang selalu mengolah tema berbau balas dendam,pembunuhan,manusia jadi-jadian,dsb.

Dalam Kumpulan Budak Setan,horor tak melulu dikaitkan dengan setan,ilmu gaib dan sejenisnya. Kadang horror yang dimaksud adalah pengendalian nafsu dalam diri kita sendiri,kemampuan berpikir dengan akal sehat, kehidupan panggung politik,bahkan hubungan sosial dengan masyarakat yang sepintas tak membahayakan.

2. Garis Perempuan – Sanie B. Kuncoro



Masih dari genre sastra, Garis Perempuan adalah salah satu novel yang mengangkat topik tentang perempuan.

Buku ini tak hanya bercerita tentang persahabatan Ranting, Gending, Tawangsri dan Zhang Mey,namun juga kearah mana takdir membawa mereka sebagai wanita dewasa,dan bagaimana mereka memperjuangkan masa depan, bertahan dengan pilihan mereka sementara tradisi,perekonomian dan ras menjadi penghalang keinginan mereka. Acungan dua jempol untuk Sanie B. Kuncoro yang telah mengemas bahasa buku ini dengan sangat apik dan detail.

Ada beberapa kalimat bijak yang saya sukai dalam buku ini:
-Ada tiga tipe perempuan; Ratu, Dewi dan Prajurit. Ratu haruslah cerdas karena dia adalah pemimpin yang mengarahkan rakyatnya mencapai kesejahteraan. Dewi senantiasa cantik, yang dengan itu menciptakan keindahan dan kebahagiaan bagi para pemujanya. Prajurit adalah seorang yang kuat dan setia, dan dengan kekuatan melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan dan mempertaruhkan dirinya atas nama kesetiaan.

-Takdir itu menyimpan misteri, tak bisa kita tolak garisnya. Barangkali yang harus dilakukan adalah bertahan karena bisa jadi garis itu akan membawa kita pada sesuatu hal yang tak terduga.

-Setiap orang akan menjadi bagian senja itu dan menyimpan keping senjanya sendiri, entah untuk disimpan atau diletakkan di mana pun.

3. Malaikat Jatuh – Clara Ng



Dalam buku kumpulan cerpen ini Clara Ng menyajikan sepuluh cerita. Mengisahkan tentang perempuan, realita hidup dan kematian. Cerita “Malaikat Jatuh” sendiri berkisah tentang Beppu, manusia bersayap cacat, dan Manna, wanita yang hidup abadi karena memakan jantung manusia bersayap. Takdir mempertemukan mereka dengan penuh kekejaman. Beppu dan Manna berjuang mempertahankan kewarasan, kesucian, dan di atas semuanya, cinta.

Dalam buku ini Clara Ng melukiskan kematian sebagai suatu hal yang wajar, dan yang terpenting selagi nyawa masih melekat dalam tubuh, banyak kebaikan yang masih menunggu sentuhan-sentuhan kita.

4. The Five People You Meet In Heaven – Mitch Albom




Apa itu surga? Apa itu neraka? Bagaimana rupa surga?
Mungkin kita sering bertanya-tanya dalam hati, jika orang meninggal akankah masuk surga atau neraka?
Di buku karangan Mitch Albom ini, surga merupakan suatu ruang kosong yang dapat berubah rupa seperti apa yang kita pikirkan dan 'ingin lihat'.
Suatu kisah yang sangat unik, menceritakan kisah Eddie yang dimulai justru setelah ia meninggal secara tragis di taman hiburan Ruby Pier tempat dia bekerja seumur hidupnya, Eddie tewas demi menyelamatkan nyawa seorang bocah perempuan yang nyaris tertimpa sebuah gerbong permainan yang jatuh.
Ketika sampai di Surga, Eddie akan bertemu dengan 5 orang yang telah berpengaruh besar dalam hidupnya. Pelajaran demi pelajaran harus Eddie lalui, seorang demi seorang yang lain memberikan penglihatan keadaan yang berbeda-beda sejak kanak-kanak hingga mencapai usia senjanya sesuai dengan hubungan peristiwa dengan orang yang bersangkutan. Semua pelajaran itu adalah surga, surga adalah penglihatan mengenai hidup kita dan 'jawaban' yang benar harus kita berikan untuk bisa bertemu orang selanjutnya.
Cerita yang sangat indah, sebelumnya kita pasti tidak akan pernah berpikir betapa suatu peristiwa kecil dan tidak berarti dalam hidup kita dapat berdampak sangat besar bagi kehidupan orang lain. Tetapi seperti disebutkan oleh bahwa roda kehidupan harus terus berjalan, suatu kehidupan yang hilang akan selalu digantikan oleh kehidupan baru yang lain. Pada saat pelajaran melupakan, inilah bagian terbaik dari buku ini!

Well, that were a little review bout my favorite books. Actually I wanna review more books, but my hands getting tired, so does my eyes..hehee.. I recommend those books to you. Many things we can get from those books. Eventhough each book have their own topic, but there’s one same thing that we can learn from all of that books. We have to respect our life and do something good to people around us.

No comments:

Post a Comment